Pengertian Alexa Rank dan Cara Alexa Rank Menganalisa Peringkat Situs

Pengertian Alexa Rank, Cara Alexa Rank Menganalisa Peringkat Blog, dan Faktor Tinggi dan Rendahnya Peringkat Situs di Website Alexa Rank

Apa tolak ukur dan/atau faktor tinggi dan rendahnya peringkat blog di situs Alexa Rank? Lalu, bagaimana cara Alexa Rank mengukur atau mengkalkulasikan kelayakan blog situs agar dapat peringkat di situs Alexa Rank?

Itulah yang akan kita bahas kali ini; mengingat banyaknya situs-situs diluar sana yang secara latah salah kaprah mendefinisikan Alexa Rank.

Alexa Rank adalah situs yang dibuat oleh website Amazon; Alexa Rank berfungsi/berguna untuk menghitung lalu lintas (trafik) suatu situs; dimulai dari otorisasi domain, DTOS, audiens, trafik organik, pentalan situs, dan kunjungan situs per bulannya.

Pengertian Alexa Rank dan Cara Alexa Rank Menganalisa Peringkat Situs

Selain itu, untuk mendapatkan informasi metriks dari Alexa Rank, suatu blog yang sudah didaftarkan ke Alexa Rank harus menunggu selama 3 bulan agar metriks perhitungannya benar-benar ditampilkan oleh Alexa Rank secara AKURAT.

Dikatakan akurat karena beberapa situs diluar sana (tidak sebut merek) menyebutkan bahwa Alexa Rank tidak benar-benar tepat dalam memberikan peringkat yang sebenar-benarnya.

Setelah mengetahui definisi Alexa Rank, lalu bagaimana Alexa Rank menganalisis suatu situs agar mendapatkan peringkat yang selayak-layaknya?

Cara Alexa Rank Menganalisa Peringkat Situs


Banyak yang tidak tahu kalau Alexa Rank menggunakan metriks Otorisasi, DOTS, Unique Visitor, Search Traffic, dan Audience Geography untuk menganalisis sebuah situs.

  • Otorisasi Domain; disebut juga Domain Authority dan Page Authority tentang kepopuleran URL/Domain dari situs tersebut
  • DTOS - Daily Time on Site; tentang seberapa lama waktu yang dihabiskan oleh para pembaca ketika membuka (mengakses) situs kita; berkaitan erat dengan algoritma UX Experience
  • Bounce Rate; disebut juga Pentalan Situs, tentang berapa kali pembaca memilah artikel per artikel dalam sekali kunjungan
  • Unique Visitor; tentang jumlah trafik yang didapatkan, baik dari segi Trafik Organik dan trafik kunjungan situs yang diperoleh dari sosial media seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, dan seterusnya
  • Search Traffic; disebut juga Organic Traffic, tentang seberapa besar dan/atau jumlah banyaknya kunjungan situs yang didapatkan langsung dari laman Google, Bing, dan Yandex (Search Engine Result Page)
  • Audience Geography; tentang asal trafik situs yang didapatkan, artinya semakin banyak jumlah pembaca yang mengunjungi situs kita dari berbagai negara, maka itu bagus untuk peringkat Alexa Rank

Dari beberapa poin-poin di atas, sudah dapat disimpulkan kan bagaimana cara Alexa Rank menganalisis suatu situs, yang mana nantinya akan memberikan peringkat kepada situs tersebut?

Nah, bagaimana peringkat SEO Killer Tips sampai hari ini?

Alhamdulillah, tidak mengecewakan. Berada di angka 27,727 untuk negara Indonesia, dan untuk Global Rank? Masya Allah... 1,637,426 setelah ada peningkatan sebesar 236,803.

Pengertian Alexa Rank dan Cara Alexa Rank Menganalisa Peringkat Situs

Bagaimana dengan situs sobat? Berada di peringkat berapa? Atau mungkin ada hal yang ingin ditanyakan?

Nah itu dia pengertian Alexa Rank dan bagaimana cara algoritma Alexa Rank memberikan peringkat suatu situs pada website Alexa Rank. Ok semoga berguna.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama