Cara Melaporkan Situs Spam ke Google - Splog atau Spam Blog

Tutorial: Cara Menghapus dan Melaporkan Situs Web Spam ke Google

Spam Blog, atau Splog, disebut juga Blog Sampah adalah sebuah blog yang berisikan konten-konten negatif.

Konten negatif yang dimaksudkan di sini bukan hal-hal negatif yang seperti sobat pikirkan; melainkan konten-konten yang berisi artikel copas, Scrapper, AGC Blog, Auto-Blog, teks tersembunyi, halaman doorway, cloaking, dan pengalihan tersembunyi.

Suatu situs apabila menggunakan strategi dan teknik seperti AGC, Auto Blog, dan lain-lainnya tentu sangat merugikan banyak pihak.


Di satu sisi, merugikan pihak Google; di sisi lainnya, merugikan blogger lain. Merugikan dalam sisi apa? Banyak banget pastinya; semisal tentang hak cipta, karya, kekayaan intelektual, SERP, dan banyak lagi.

Cara Melaporkan Situs Spam ke Google - Splog atau Spam Blog


Tutorial ini hanya diperuntukkan dan/atau ditujukan bagi situs web yang memang benar-benar terdeteksi sebagai situs spam (Splog). Jadi, hati-hati dalam melakukannya.

Semisal, sobat tidak senang dengan situs A padahal isinya baik-baik saja dan sobat melaporkannya (karena dengki/iri atau tidak senang), apabila laporan sobat ternyata KELIRU dan SALAH maka itu semua akan dikembalikan ke sobat.

Pada langkah pertama, masuk ke situs ini: Search Console Web Spam Google.

Setelah masuk, sobat akan melihat banyak opsi (pilihan) tentang apa yang akan dilaporkan; apakah halaman itu jual/beli link, tautan berbayar, program aplikasi jahat, konten tidak patas, masalah hak cipta, phising, atau masalah cuplikan kaya.

Cara Melaporkan Situs Spam ke Google - Splog atau Spam Blog

Meski pun ada banyak opsi yang bisa sobat pilih, lihat di bagian bawahnya; ada tombol Laporkan Webspam yang mengartikan kalau situs web tersebut memang benar-benar Blog Spam (Splog).

Tekan tombol Laporkan Webspam apabila situs tersebut memang benar-benar Spam; merugikan banyak pihak, tidak layak, dan sangat tidak pantas ada di lingkungan "Googling".

Cara Melaporkan Situs Spam ke Google - Splog atau Spam Blog

Pada gambar di atas, sobat akan melihat 3 buah formulir pengajuan situs web spam ke Google. Yang paling penting untuk di isi yakni form pada kotak No. 1 dan No. 3.

Untuk formulir No. 3 diatas, itu adalah tempat pengisian keterangan. Isi formulir ini dengan bahasa Inggris, dan pastikan masalahnya apa, kenapa, dan bagaimana.

Selanjutnya, klik tautan berikut ini apabila ingin melaporkan artikel yang di copas ke Google DMCA.

Nah itu dia tutorial bagaimana cara melaporkan blog spam ke Google agar di hapus oleh Google, -- situs yang terdeteksi sebagai AGC blog, Scrapper, Auto Blog, dan situs-situs negatif lainnya.*

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama