Tips mengikuti aksi reuni 212 di monas -->

Iklan Kiri

Tips mengikuti aksi reuni 212 di monas

Samsul Arifin
Saturday, December 01, 2018

TIPS MENGIKUTI REUNI 212
Sekedar berbagi tips untuk teman atau saudara yang akan mengikuti REUNI 212, terutama untuk peserta dari luar area Jabodetabek:

1. Luruskan Niat

Ucapkan Bismillah dan niatkan semua hanya karena Allah semata. Berdoa agar Allah memudahkan segalanya.

2. Bawa sajadah

Ini merupakan aksi gelar sajadah. Selain itu juga akan berguna untuk menunaikan sholat fardhu di jalanan mengingat pelaksanaan aksi ada disepanjang jalan.

3. Jaga kesucian pakaian

Diharapkan untuk selalu menjaga kesucian pakaian selama aksi sebagai salah satu syarat sah pelaksanaan ibadah.

4. Selalu bawa air mineral dalam botol

Selain berguna untuk pelepas dahaga juga berguna sebagai air wudhu. Tutup botol diberi lubang kecil untuk memudahkan selama berwudhu.

5. Bawa makanan ringan

Akan berguna disaat lapar, meski nanti juga akan banyak pedagang makanan disekitar lokasi aksi namun alangkah baiknya bila dapat dipersiapkan sebelumnya.

6. Bawa uang secukupnya

Bawa uang secukupnya untuk keperluan selama di Jakarta, karena dapat dipastikan selama pelaksanaan acara tidak akan pernah didapati aksi bagi-bagi uang bagi para peserta reuni, apalagi sampai berharap mendapatkan uang Rp. 500.000,- 

7. Persiapkan kebutuhan komunikasi

Jangan kaget apabila nanti sinyal seluruh provider handphone akan hilang saat di lokasi aksi, jadi akan sulit untuk menggunakan internet maupun untuk menelpon satu dengan lainnya. Pastikan yang berombongan dan kurang paham dengan lokasi di Jakarta untuk selalu bersama dan jangan sampai terlepas dari rombongan.

8. Persiapkan segala kebutuhan dokumentasi Siapkan kamera, cadangan baterei (jika perlu kosongkan file-file di HP). Jika memungkinkan anda harus bawa powerbank silahkan. Karena dengan jumlah manusia yang diprediksi jutaan itu anda tidak mungkin mudah mencari arus litrik.
9. Patuhi komando/arahan dari pemimpin aksi

Jangan melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri dan juga kemurnian dari Reuni 212. Patuhi perintah para ulama pemimpin aksi untuk selalu berlaku tertib dan damai.

10. Bawa pasta gigi (odol)

Selain untuk bersikat gigi juga untuk jaga-jaga dan akan berguna untuk dioles dibawah mata dan hidung .

11. Menjaga kebersihan dan fasilitas umum

Selalu buang sampah pada tempatnya, apabila tidak terdapat tempat sampah lebih baik sampah dimasukkan didalam saku atau tas plastik terlebih dahulu sampai menemukan tempat sampah. Jangan pernah merusak fasilitas umum seperti taman kota dan lainnya, usahakan untuk tidak menginjak tanaman di area taman kota.

12. Sapa aparat keamanan

Sapa dan menebar rasa damai terutama kepada aparat baik dari pihak kepolisian maupun TNI yang bertugas, bahkan mengajak mereka berfoto selfie pun Ok. Mereka pun bagian dari peserta Reuni 212.

13. Yang paling penting, jangan lupa bawa atribut kegiatan. Bendera, tauhid, topi tauhid, agar semangat anda terus berkobar dari rumah hingga ke tujuan dan sampai kembali di rumah. Tidak hanya itu Topi Tauhid Juga dapat melindungi kepala anda jika terik matahari.

Demikian sedikit tips yang mungkin dapat dipersiapkan bagi calon peserta REUNI 212 terutama yang dari luar area Jabodetabek.




Sumber  Ichal Aydoğan