7 Masalah Kerusakan Charger Laptop -->

Iklan Kiri

7 Masalah Kerusakan Charger Laptop

Samsul Arifin
Friday, December 07, 2018

7 Masalah Kerusakan Charger Laptop


  1. Problem di steker charger
Kasus charger laptop tidak mengisi mungkin disebabkan oleh sambungan antara kabel power pada charger dengan stopkontak yang rusak atau longgar, beberapa steker charger laptop membutuhkan conektor khusus untuk dapat dihubungkan ke stopkontak (contohnya steker berkaki tiga).
Steker berkaki tiga membutuhkan konektor khusus untuk dapat dihubungkan dengan stop kontak standar (dua lubang), biasanya konektor untuk steker berkaki tiga memiliki saklar sendiri yang dilengkapi dengan lampu indikator, dalam hal konektor tersebut rusak biasanya lampu indikator tidak menyala.
2. Problem di kabel charger
Beberapa kondisi kabel (yang kasat mata) mungkin mengindikasikan kerusakan pada kabel charger laptop (bukan adapternya), misalnya robekan pada kabel charger, isolasi yang sudah rusak, bau seperti plastik terbakar, atau mungkin bekas lipatan pada kabel.
Kabel yang terputus didalam jaket pembungkusnya (yang tidak kasat mata) juga akan sangat berpotensi membuat charger laptop tidak mengisi, biasanya hal tersebut disebabkan oleh tarikan yang cukup kuat pada kabel charger tersebut.
3. Problem di adapter charger
Beberapa adapter charger laptop dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi adanya masalah pada komponen catu daya, misalnya adanya ketidakstabilan arus listrik (naik-turun dengan cepat) sehingga membahayakan elemen catu daya didalamnya.
Oleh karena itu untuk menghindari masalah yang lebih serius, adapter charger laptop tersebut berhenti bekerja (dengan sendirinya) selama beberapa saat, adapter charger universal (non-original) biasanya tidak dilengkapi dengan kemampuan tersebut.
Sehingga banyak kasus (yang cukup sering Saya alami) adapter charger laptop yang berasap karena adanya elemen yang terbakar saat digunakan, hal tersebut tentunya tidak akan dialami oleh adapter charger bawaan laptop (original charger).
4. Problem di sambungan kabel charger
Beberapa charger laptop memiliki kabel yang terpisah antara bagian charger yang terhubung ke stopkontak dengan bagian charger yang terhubung ke laptop, biasanya bagian tersebut dapat dipisahkan dari adapternya.
Dalam kasus charger laptop tidak mengisi (memasok daya ke baterai), ada kemungkinan sambungan charger bermasalah, misalnya ada kotoran pada penghubung kabel power (yang dihubungkan langsung dengan stopkontak) dengan adapter charger.
5. Problem di ujung kabel atau konektor charger
Konektor charger (yang terhubung ke port pada laptop) yang bermasalah dapat meyebabkan aliran listrik dari adapter charger terganggu, akibatnya baterai tidak terisi walaupun laptop terhubung ke charger laptop.
6. Problem di port charger
Atau jika setelah gonta-ganti charger laptop (dengan charger yang sama persis) masalah masih belum teratasi, maka ada kemungkinan port pada laptop yang bermasalah, biasanya ada debu atau kerikil yang menempel sehingga mengganggu koneksi konektor charger dengan port charger pada laptop.
7. Problem panas berlebih pada laptop
Jangan sepelekan laptop yang panas karena dapat mengakibatkan banyak masalah baik pada perangkat keras maupun perangkat lunak pada laptop, termasuk dapat mengganggu proses pengisian daya.