Akhir zaman - Akan datang kepada manusia tahun-tahun yang penuh tipu daya -->

Iklan Kiri

Akhir zaman - Akan datang kepada manusia tahun-tahun yang penuh tipu daya

Samsul Arifin
Monday, December 24, 2018

AKHIR ZAMAN

-------------
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

سَيَأتِي عَلَى النَّاس سَنَوَات خَدَّاعَات، يُصَدَّق فِيهَا الكَاذِب ويُكَذَّب فِيهَا الصَّادِق، ويُؤْتَمَن فِيهَا الخَائِن ويُخَوَّن فِيهَا الأَمِين، ويَنْطِق فِيهَا الرُّوَيْبِضَة، قِيْلَ: ومَا الرُّوَيْبِضَة؟ قَالَ: الرَّجُل التَّافِه في أمْر العَامَّة

“Akan datang kepada manusia tahun-tahun yang penuh tipu daya, dimana pendusta dipercaya dan orang jujur didustakan, pengkhianat diberi amanah dan orang yang amanah dikhianati, dan berbicara di zaman itu para Ruwaibidhoh.” Ditanyakan, siapakah Ruwaibidhoh itu? Beliau bersabda, “Orang bodoh yang berbicara dalam masalah umum.” (HR. Al-Hakim).

-Umat Islam diserang dari berbagai arah
Dari Tsauban r.a., ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,
“Hampir tiba suatu zaman di mana bangsa-bangsa dari seluruh dunia akan datang mengerumuni kamu bagaikan orang-orang yang kelaparan mengerumuni bekas hidangan mereka.” Maka salah seorang sahabat bertanya, “Apakah karena jumlah kami sedikit pada hari itu?” Nabi shalallahu alaihi wa sallam menjawab, “Bahkan, kamu pada hari itu amat banyak, tetapi kamu umpama buih di lautan dan Allah akan mencabut rasa gentar terhadap kamu daripada hati musuh-musuh kamu, dan Allah akan melemparkan ke dalam hati kamu penyakit wahan.’ Seorang sahabat bertanya, ‘Apakah wahan itu, wahai Rasulullah?’ Rasulullah menjawab, ‘Cinta dunia dan takut mati’.” (HR. Abu Daud)
-Ulama tak lagi jadi panutan
Dari Sahl bin Saad as-Sa ‘idi r.a., ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,
“Ya Allah! Janganlah Engkau menemukan aku dan mudah-mudahan kamu juga tidak bertemu dengan suatu zaman ketika para ulama sudah tidak diikuti lagi dan orang yang penyantun sudah tidak dihiraukan lagi. Hati mereka seperti hati orang Ajam, lidah mereka seperti lidah orang Arab.” (HR. Ahmad)