KPU Segera Tentukan Panelis Debat Kedua Pilpres 2019 -->

Iklan Kiri

KPU Segera Tentukan Panelis Debat Kedua Pilpres 2019

Samsul Arifin
Wednesday, January 30, 2019

samsulasia.com – Nama panelis debat kedua Pilpres 2019 akan segera diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berbeda dengan debat perdana, KPU bakal memilih sendiri para panelis debat tanpa meminta masukan dari kedua tim kampanye pasangan calon.

“KPU akan memilih sendiri tak meminta tim kampanye untuk mengusulkan. tetapi nama-nama yang kami pilih tetap kami sampaikan kepada kedua timses. Dalam konteks ini tentu kita harus ambil pelajaran dari tahap pertama kemarin. KPU akan lebih tegas dalam menentukan tim panelis,” tegas Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (30/1).

Pihaknya telah menghubungi beberapa nama panelis dan menunggu kesediaan beberapa calon panelis tersebut. Usulan nama-nama panelis itu akan disampaikan kepada kedua tim kampanye masing-masing paslon.

“Kami masih minta konfirmasi dari nama-nama calon panelis yang sudah kita daftar. Masih menunggu konfirmasi dari mereka. Mudah-mudahan tetap 8, karena kami butuh perspektif dari banyak pakar,” jelas Pramono.

Meski kali ini KPU menentukan sendiri para panelis untuk debat kedua, masing-masing kubu dapat menelurusi rekam jejak agar panelis tetap terjaga netralitasnya.

“Tentu tak mengabaikan masukan kedua belah pihak, kalau memang betul-betul ada informasi yang valid dari salah atau atau kedua timses bahwa tim panelis yang kami sodorkan terbukti tak netral misalnya, ada data yang mendukung itu tentu harus kita terima. Sifatnya mereka memberi masukan tapi bukan mengusulkan nama” sambungnya.

Salah satu nama panelis debat kedua yang sudah dipastikan ialah Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Nur Hidayati. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Komisioner KPU, Ilham Saputra.

“Beberapa sudah fix seperti direktur Walhi. Sampai saat ini saya belum tahu updatenya lagi.” ujar Ilham.

Debat kedua pilpres akan digelar Minggu (17/2) di Hotel Sultan. Peserta debat adalah calon presiden, yakni Jokowi vs Prabowo. Tema yang diangkat energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Adapun empat stasiun televisi akan menyiarkan debat kedua, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. (mediaindonesia)