Setting NTP Client pada MikroTik -->

Iklan Kiri

Setting NTP Client pada MikroTik

Samsul Arifin
Friday, March 01, 2019

samsulasia.com kali ini akan berbagi cara Setting NTP Client pada MikroTik sebenarnya gampang sih tapi saya akan share ilmu nya bagi yang belum tau..


Saya akan jelaskan sedikit tentang NTP 


Pengertian NTP

Network time protocol atau lebih sering disebut dengan istilah NTP adalah sebuah mekanisme atau protokol yang di gunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan didalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang yang hanya melakukan pertukaran paket - paket data saja.

NTP menggunakan port komunikasi UDP nomor 123.

Dalam kondisi tertentu Router MikroTik harus bekerja berdasarkan waktu, baik tanggal, hari, maupun jam. Kenapa kita harus setting NTP pada Router MikroTik, karena misalnya saja jika anda ingin memblokir akses internet di luar jam kerja atau memblokir situs pada jam - jam tertentu. Jika anda menggunakan PC sebagai Router MikroTik ini tentu bukan masalah, karena di Motherboard komputer sudah terpasang baterai yang dapat mempertahankan konfigurasi waktu. Namun pada RouterBoard MikroTik yang tidak memiliki baterai internal maka konfigurasi waktu akan kacau tiap kali router mengalami restart.

Nah, untuk menghindari ketidakkaruan konfigurasi waktu inilah, maka pada Router MikroTik perlu dikonfigurasi Network Time Protocol (NTP). Router Mikrotik perlu mengetahui NTP Server yang ada di internet dan akan berusaha menyesuaikan dengan konfigurasi waktu yang ada di NTP Server tersebut.




Oke langsung saja kita ke tutorialnya 


1, kita masuk terlebih dahulu ke winbox
2, kita ke system - SNTP Client

3, Selanjutnya kita ssetting 
centang enabled
primary NTP Server > id.pool.ntp.org
Secondary NTP Server > ntp.nasa.gov
Apply - ok

4, kita ke system lagi lalu pilih Clock 
nah bila Time Zone Name nya masih di luar negara, silahkan ganti dengan negara kita .. 
Nah sekarang kita selesai men syettingnya, semoga tutorial ini bermanfaat