Yang Bikin Dosa, Semakin Berat -->

Iklan Kiri

Yang Bikin Dosa, Semakin Berat

Samsul Arifin
Friday, March 08, 2019

YANG BIKIN DOSA MAKIN BERAT

Yang Bikin Dosa Makin Berat 

Dosa itu berat, dan bisa tambah berat dengan beberapa variabel. Di antaranya:

1. Jenis Dosa
Ada dosa besar, ada dosa kecil. Dosa besar akan lebih parah efeknya dibandingkan dengan dosa kecil.

2. Efek keburukannya
Dosa yang dilakukan dengan efek keburukan lebih luas, lebih parah daripada dosa yang dilakukan dengan efek keburukan yang lebih kecil. Dosa yang berefek sampai seluruh negeri, lebih parah dari dosa yang berefek sampai tingkat kelurahan saja, misalnya.

3. Kadarnya
Dosa yang dilakukan lebih sering, akan berefek lebih buruk dari dosa yang dilakukan sesekali. 

4. Waktu & Tempatnya
Dosa yang dilakukan di waktu dan tempat yang mulia, lebih parah daripada dosa yang dilakukan di waktu dan tempat yang biasa-biasa saja. Maksiat di bulan Ramadhan, lebih parah dibandingkan maksiat di bulan biasa. Mencuri di Masjidil Haram, lebih parah dari mencuri di tempat biasa.

5. Sikap meremehkan dosa
Dosa yang dilakukan sambil diremehkan, lebih parah dari dosa yang dilakukan dalam keadaan takut. Dosa yang dilakukan terang-terangan lebih parah dari dosa yang dilakukan sembunyi-sembunyi seperti disebutkan dalam hadits "mujahir" (orang yang menampakkan dosanya).

6. Kondisi pelaku dosa
Dosa yang dilakukan oleh orang yang tidak punya potensi berbuat dosa tersebut, lebih besar daripada dosa yang dilakukan oleh orang yang punya potensi tersebut. Orang miskin yang sombong lebih dibenci Allah daripada orang kaya yang sombong, orang tua yang berzina lebih parah daripada anak muda yang berzina, berzina dengan tetangga lebih parah daripada berzina dengan orang lain yang bukan tetangga.


(Sumber, Asbabu Ziyadatil Iman wa Nuqshanihi hal: 90, Syaikh Prof. Dr Abdurrazaq bin Abdul Muhsin al Badr).