Hartanya jadi berkah setelah gajinya di kurangi -->

Iklan Kiri

Hartanya jadi berkah setelah gajinya di kurangi

Samsul Arifin
Friday, June 28, 2019

HARTANYA JADI BERKAH SETELAH GAJINYA DIKURANGI

جاء رجل إلى الإمام الشافعي يشكو له ضيق حاله وأخبره أنه يعمل أجيرا بخمس دراهم وأن أجره لايكفيه 

Seorang laki-laki datang kepada imam Syafi’i rodhiyallohu ‘anhu, mengeluhkan kondisi ekonominya yang begitu sempit. Ia juga menceritakan bahwa ia bekerja sebagai buruh dengan upah 5 dirham, tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. 

فما كان من الشافعي إلا أن أمره أن يذهب إلى صاحب العمل ويطالبه بإنقاص اجره إلى 4دراهم بدلا من خمسه  
وامتثل الرجل لأمر الشافعي رغم انه لم يفهم سببه 

Lalu imam Syafi’i menasehatinya agar ia mendatangi majikannya dan memintanya untuk menurunkan gajinya menjadi 4 dirham. Laki-laki itu pun mengikuti saran imam Syafi’i, meskipun ia tidak mengerti apa maksud saran tersebut.

وبعد فتره عاد الرجل إلى الشافعي 
وقال :لم يتحسن وضعي إنما مازالت المشكله قائمه 

Selang beberapa waktu, laki-laki itu datang lagi dan mengeluhkan kondisi ekonominya yang masih susah. 

فأمره الشافعي بالعودة إلى صاحب العمل وطلب إنقاص أجره إلى 3 دراهم بدل 4 دراهم 

Lalu imam Syafi’i memberinya saran agar mendatangi majikannya dan memintanya untuk menurunkan upah gajinya menjadi 3 dirham. 

ذهب الرجل ونفذ ماطلب منه الإمام الشافعي مندهشاً 

Laki-laki itu pun pergi melakukan saran imam Syafi’i dengan keheranan karena tidak mengerti maksud saran tersebut.

وبعد فتره عاد الرجل إلى الشافعي وشكره على نصيحته وأخبره أن الثلاث دراهم أصبحت تغطي كل حوائجه وتفيض بعدها وسأله عن تفسير هذا الذي حدث معه 

Setelah beberapa waktu, laki-laki itu datang lagi kepada imam Syafi’i dan mengucapkan terima kasih atas nasehat dan saran yang dulu diberikan kepadanya. Ia mengabarkan, ternyata 3 dirham dapat memenuhi semua kebutuhannya dan bahkan setelah itu hartanya menjadi melimpah. Kemudian laki-laki itu bertanya kepada imam Syafi’i tentang maksud saran dan nasehat yang selama ini diberikan oleh Beliau.

فأخبره الإمام الشافعي: أنه كان من البدايه يعمل عملا لايستحق عليه إلا 3 دراهم وبالتالي في الدرهمان الباقيان لم يكونا من حقه وقد نزعا البركة عن بقية ماله عندما أختلطا به 

Lalu imam Syafi’i menjelaskan, bahwa Beliau melihat kerja laki-laki itu kepada majikannya hanya layak diupah 3 dirham. Sedangkan selebihnya yang 2 dirham telah mencabut keberkahan upah yang diterimanya ketika bercampur dengan 3 dirham tersebut. 

وأنشد 
جمع الحرام على الحلال ليكثره 
دخل الحرام على الحلال فبعثره 

Lalu imam Syafi’i bersya’ir:
Harta yang haram dikumpulkan pada yang halal agar menjadi banyak ☼ Ternyata masuknya harta yang haram pada yang halal, justru menghancurkannya.
--------------------
Harta melimpah yang kita peroleh, kalau tidak sesuai dengan jasa dan pelayanan yang kita berikan, justru tidak berkah dan merusak kehidupan kita. Harta sedikit yang kita peroleh, apabila sesuai dengan jasa yang seharusnya kita berikan, justru berkah dan menjadikan harta kita melimpah. 

Semoga kita mendapatkan harta yang berkah dan melimpah. Aamiin.