RESIKO DAPAT DIKELOLA

 Apapun activitas kita di dunia ini, maka ada resiko yang kita tanggung. Baik itu dalam kapasitas besar atau kecil. Begitu pula halnya dalam berinvestasi di forex, maka faktor resiko menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Pada dasarnya ketika seorang trader masuk dalam market,  maka faktor resiko terbentuk adalah 50 :50 , artinya 50% ada kemungkinan benar/sesuai arah, atau 50% salah arah. Kita di tuntut untuk bisa meyakinkan diri kita bahwa saat kita masuk market kita hanya menangung resiko yang kurang dari 50% artinya faktor keberhasilan lebih besar daripada kegagalan. 

 


Kunci sukses Soros adalah mengelola resiko dengan aktif, sebagai salah satu dari empat strategi menghindari resiko yang digunakan investor ahli : 

1. Jangan berinvestasi 

2. Kurangi resiko 

3. Kelola resiko dengan aktif 

4. Kelola resiko secara aktuaria. 

 

Soros melakukan di point 3 yakni dengan mengelola resiko scara aktif. Ini adalah pendekatan utamanya. Mengelola resiko sangat berbeda dengan mengurangi resiko. Jika kita telah cukup mengurangi resiko kita dapat tidur nyenyak dan berlibur. Mengelola resiko aktif memerlukan perhatian penuh agar dapat terus memantau pasar( terkadang dari menit ke menit) dan kemampuan bertindak secara instant dengan ketenangan penuh ketika tiba waktunya untuk mengubah arah ( ketika ada kekeliruan atau strategi harus berubah arah) 

 

Kemampuan Soros dalam menangani resiko telah tercetak ketika dia dalam pendudukan Nazi di Budapest. Saat resiko harian yang ia hadapi adalah kematian. 

Ayah Soros mengajarkan 3 prinsip hidup dalam aturan resiko yakni : 

1. Boleh saja mengambil resiko 

2. Saat mengambil resiko jangan pernah bertaruh terlalu besar 

3. Siaplah selalu untuk mengatasi kemunduran tajam. 

 

Dengan kemampuan kita dalam mengelola resiko, kita dapat lebih memahami saat-saat yang penting untuk masuk dalam pusaran market, sehingga kita dapat selamat sampai tujuan. 


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama